Platfrom Layanan Finansial Terintegrasi untuk BPR dan Koperasi.
Apa itu Open Banking secara umum?
Definisi
Sebuah sistem yang menyediakan data keuangan kepada pengguna jaringan melalui penggunaan API (Application Programming Interface). Dengan ini, Nasabah / Pengguna akan lebih mudah terhubung dengan bank untuk proses transaksi, baik finansial maupun non finansial.
Tujuan
Open Banking merupakan cara aman untuk memberikan akses kepada penyedia layanan kedalam informasi keuangan anda. Dengan ini akan membuka jalan ke produk dan layanan baru serta membantu Nasabah dan pebisnis kecil dan menengah untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik.
Manfaat Open Banking
- Meningkatkan penawaran layanan / Meningkatkan keterlibatan nasabah secara keseluruhan
- Bank dapat dengan mudah terhubung dengan API lain di pasar dengan tujuan memperluas penawaran layanan dengan memperkenalkan solusi Fintech yang mempunyai sifat plug-and-play
- Meningkatkan pendapatan digital dari channel baru
- Percepatan produk baru dan penyebaran layanan di pasar
- Bank umum dan BPR dapat berkolaborasi dalam peningkatan pemakaian terknologi perbankan untuk menyediakan layanan kepada Nasabah BPR serta mendapatkan Nasabah baru
Bagaimana cara kerja Open API
Apa Itu OpenBank+?
Adalah sebuah sistem platform yang menyediakan produk dan layanan bekerjasama dengan bank umum dan penyedia layanan pihak ketiga, dengan memanfaatkan konsep open banking dan teknologi open API yang tersedia. Dengan demikian, memudahkan pengguna untuk terhubung langsung dengan bank umum dan penyedia layanan pihak ketiga untuk proses transaksi, baik finansial maupun non finansial.
OpenBank+ dirancang untuk mendukung BPR dalam program transformasi ke digitalisasi perbankan dan merupakan cara aman dan cepat untuk BPR memberikan berbagai produk dan layanan ke nasabah dan pebisnis Kecil dan Menengah.
PRODUCTS
PPOB
Having partnerships with 3rd parties, we offer bill payment services such as PLN, Telkom, Plusa, PDAM, BPJS, and top-up for OVO, Go Pay, Dana and Linkaja etc.
Credit Scoring
Clients will be able to choose either alternative or conventional credit scoring service in their need on our platform
Insurance
Having partnerships with online Insurance brokers(FUSE, Futuready), we provide various insurance products as well as AJK(Assurance Jiwa Kredit)
Digital signature/eKYC/eMaterai etc.
More products and services that our clients may need for their business are coming up on our platform to help them go digital without their CAPEX.
FEATURES
OPEN API
Platform berbasis open API yang menghubungkan BPR ke bank umum, software as a services, penyedia merchant, layanan pembayaran, dan penyedia layanan keuangan lainnya.
Open Channel Access to 3rd Parties
CliPlatform web yang memudahkan BPR menawarkan berbagai produk dan layanan untuk para nasabahnya.
Digitalization without CAPEX
Menawarkan fee sharing model tanpa biaya keanggotaan atau biaya admin lainnya.
Onboarding process
Step 1
Presendtasi dan demo product
(Zoom atau On-Site)
Step 2
Masuk kedalam Master Agreement(General Agreement) for the Platform Service:
Tidak ada investasi
Tidak ada biaya onboarding atau keanggotaan
Tidak ada keharusan menggunakan platform
Step 3
Implementasi, pelatihan dan GO LIVE
Timeline stelah Agreement
Training Session 1 / Minggu Pertama (on site training)
Setelah id BPR sudah berhasil dibuat, berikut aktivitas keperluan training :
- Pengenalan cara login sebagai Admin beserta tampilan
- Admin membuat user untuk monitoring manajer cabang / Kepala Bagian Operasional
- Admin membuat user untuk Teller / CS / FO / AO
- Teller / CS / FO / AO akan mencoba akses yang sudah dibuat admin
- Teller / CS / FO / AO akan mempelajari fitur-fitur yang ada dalam OpenBank+
- Jika Teller / CS / FO / AO sudah paham, maka akan melakukan test pendafataran nasabah dalam platform
- Teller / CS / FO / AO akan melihat fitur-fitur yang ada dalam manajemen nasabah
- Teller / CS / FO / AO diharap untuk mengingat proses dalam pendaftaran
- Manajer Cabang / Kepala Bagian Operasional akan memonitoring pendaftaran
Training Session 2 / Minggu Kedua (Zoom Monitoring)
Setelah id BPR sudah berhasil dibuat, berikut aktivitas keperluan training :
- Teller / CS / FO / AO akan mencoba akses OpenBank+ dan mulai mencoba untuk melakukan test transaksi
- Teller / CS / FO / AO akan mencoba mempelajari transaksi tersebut berdasarkan jobdesc yang sudah ditetapkan
- Jika Teller / CS / FO / AO berhasil melakukan transaksi tersebut maka akan melihat bukti transaksi
- Teller / CS / FO / AO akan mempelajari detail transaksi tersebut
- Teller / CS / FO / AO akan melakukan download report transaksi harian
- Manajer Cabang / Kepala Bagian Operasional akan melihat test transaksi yang dilakukan oleh karyawan BPR tersebut
Training Session 3 / Minggu Ketiga (Generate transaction)
Setelah id BPR sudah berhasil dibuat, berikut aktivitas keperluan training :
- Teller / CS / FO / AO akan mencoba akses OpenBank+ dan mulai mencoba untuk melakukan transaksi untuk keperluan BPR baik internal maupun live untuk nasabah terpilih ataupun untuk commercial BPR
- Manajer Cabang / Kepala Bagian Operasional akan memantau transaksi tersebut
- Tim OpenBank+ akan melakukan monitoring secara berkala untuk keperluan transaksi BPR saat awal pemakaian
- Tim OpenBank+ akan standby jika ada complain / error yang terjadi dalam pemakaian platform OpenBank+
Case Studies
BPR Kanti
BPR Kanti is located in Bali. It is one of the dominant players in the market and fast-growing as well recently in accordance with the CEO’s proficient strategy of digitalization. Pak. Amitaba and his management decided to migrate their service aggregator to OBP.
BPR RIFI MALIGI
Pak. Kim, direktur utama of BPR Rifi Maligi is always seeking better solutions for his business and customers. He chose OBP not only because of fee-based income but also business operation efficiency in a single platform with limited resources.
Testimonials
“Untuk aplikasi OBP gampang banget di akses, dan mempermudah untuk melakukan pendaftaran asuransi Jiwa Kredit, proses mendapatkan polis juga cepat.!”
Martha Veronica / Admin Kredit, BPR Rifi Maligi, Tangerang
“Aplikasi OBP karena berbasis web sangat mudah untuk di akses oleh jaringan kantor kami. Dan Juga selalu mengikuti perkembangan IT untuk jalan bersama dalam proses BPR Go Digital”
Arif / Direktur, BPR Artha Smudera Indonesia, Jawa Timur
“Link mudah diakses / Dashboard terlihat menarik Terdapat banyak layanan pembayaran yang bisa digunakan / Penggunaan layanan Sangat mudah Dan simple / Jarang terjadi error atau gangguan / Layanan pembayaran yang digunakan Sangat cepat, misalnya pada saat pengisian dana LinkAja langsung terisi”
Dewi Cania / Teller, BPR Usaha Rakyat, Bekasi
“Platform OBP untuk mempermudah melakukan segala pembayaran seperti PLN, Telpon, dan Top Up e-wallet, kita menggunakan OBP karena platform OBP sangat mudah untuk di akses.!”
Ni Made Yuliana / Teller, BPR Sukawati Panca Kanti, Bali